Jenis Jenis Mutiara & Warna Mutiara Laut Yang Biasa Dipakai Untuk Perhiasan

30 November 2014

JENIS & WARNA MUTIARA YANG SERING DIPAKAI UNTUK PERHIASAN

‘’ PENGETAHUAN SEPUTAR MUTIARA AIR LAUT‘’

(JENIS-JENIS DAN MACAM WARNA MUTIARA AIR LAUT)


         Pada kesempatan kali ini saya selaku Admint & Owner OriginalMutiara akan memaparkan penjelasan tentang apa saja warna asli mutiara laut serta Jenis Mutiara laut apa saja yang sering dipakai untuk Perhiasan Mutiara. Tulisan ini merupakan hasil rangkuman dari serangkaian pengalaman Owner yang selama ini bergelut langsung di bidang Mutiara, berinteraksi dengan para “stakehorder” terkait bidang mutiara. Berikut dibawah ini pemaparan singkatnya ….

I. Warna – Warna Asli Pada Mutiara Air Laut Jenis South Sea Pearl
A. Mutiara Laut Warna Gold (Deep Gold & Soft Gold)

Warna Mutiara Laut Deep Gold

Warna Mutiara Laut Deep Gold  (Kuning Matang)

Warna Mutiara Laut Soft Gold  (Kuning Lembut)

Warna Mutiara Laut Soft Gold  (Kuning Lembut)

          Warna mutira laut Gold dibagi kedalam 2 warna kategori, yaitu Deep Gold (Kuning Matang) dan Soft Gold (Kuning Muda), Mutiara jenis dan warna ini adalah merupakan mutaira asli yang berasal dari Pulau Lombok (Perairan Laut/Habitat Hidup Kerangnya Di Perairan Laut Lombok). Lombok terkenal dengan mutiara laut jenis ini yang Dunia menjulukinya “The Queen Pearl”, Yaitu Ratunya Mutiara Laut.
Dari segi harga, mutiara warna Gold ini lebih mahal daripada warna lainnya, karena keterbatasan stok mutiaranya yang semakin waktu semakin jarang (Limited).

B. Mutiara Laut Warna White (Putih)

Warna Mutiara Laut Warna Putih

Warna Mutiara Laut Warna Putih

           Warna mutira laut putih juga merupaka mutiara andalan dari Pulau Lombok, karakteristik mutiara asli Lombok berbeda dengan mutiara lainnya yang ada di belahan dunia lain. Untuk harganya, mutaira warna putih ini masih dibawah harga mutiara warna Gold..

C. Mutiara Laut Warna Silver (Warna Abu)

Warna Mutiara Laut Warna Silver (Abu)

Warna Mutiara Laut Warna Silver (Abu)

Warna Mutiara Laut Warna Silver (Abu)

Warna Mutiara Laut Warna Silver (Abu)

            Selain warna Gold dan Putih tadi, Lombok juga penghasil mutiara laut warna Silver (Abu), Namun pamor mutiara laut silver ini kurang begitu terkenal jika disbanding warna Gold dan Putih, dikarenakan ada daerah lain / Negara lain yang juga penghasil mutiara warna silver ini.

            Demikikianlah pemaparan singkat tentang warna asli mutiara laut yang berasal dari Pulau Lombok, yaitu ada 3 warna : Gold, Putih Dan Silver. Selain warna asli, juga ada warna yang tidak asli, artinya ada campur tangan manusia pada mutiara yang dasarnya/awalnya berwarna putih, silver atau gold, kemdian di treatment (Proses Cutting) menjadi warna Hijau atau Cokelat, berikut di bawah ini pemaparannya.

II. Warna Tidak Asli Pada Mutiara Air Laut Jenis South Sea Pearl

             Mungkin sebagian besar orang belum mengetahui bahwa mutaira laut warna Hijau dan Cokelat itu adalah bukan warna asli dari mutiaranya. Akan tetapi mutiara laut warna Hijau dan Cokelat ini tetap diakui sebagai mutiara asli (Bukan Mutiara Palsu), karena pada dasarnya butiran mutiara nya sama seperti warna Gold, Putih, Silver tadi yang dihasilkan oleh kerang mutiara di Perairan Laut, setelah proses panen, yang warna dasarnya 3 warna tadi, yaitu bisa warna dasarnya Putih, Silver atau Gold, ada suatu treatment/perlakuan manusia dengan proses pewarnaan menjadi warna Hijau dan Cokelat, proses tersebut dikenal dengan nama “CUTTING”.


           Proses Cutting ini awalnya dan biasanya dilakukan oleh orang Luar (Non Indo), seperti orang Jepang & Hongkong. Karena pengerjaan proses Cutting ini harus orang yang benar-benar ahli dan mengusasi di bidangnya. Walaupun warna hijau dan cokelat pada mutiara laut tersebut tidak alami, akan tetapi mutiara laut warna ini mempunya harga yang sama dengan warna asli lainnya, bahkan permintaan konsumen terhadap warna hijau dan cokelat ini tidak kalah dengan warna asli seperti warna Gold, Putih dan Silver. Warna yang buatan tersebut tidak akan luntur dimakan usia, karena proses Cutting nya membutuhkan waktu dan proses yang rumit dan lama.


            Dan perlu diwaspadai juga, saat saat ini banyak beredar mutiara laut warna hijau dan cokelat buatan Lokal, artinya dalam proses Cuttingnya tersebut mengikuti / duplikasi teknisi Jepang yang sudah sebelumnya berhasil. Mutiara hijau dan cokelat buatan lokal yang di Lombok terkenal dengan sebutan “Cutting Lokal”, memang harganya jauh lebih murah daripada yang “Cutting Hongkong/Jepang”, akan tetapi kualitas dan kekuatan warnanya tidak seperti ‘Cutting Hongkong”.
Adapun perbedaan fisik antara Cutting Lokal Dan Cutting Hongkong yaitu dari lapisan permukaan mutiaranya, Cutting Hongkong’Jepang mempunyai cirikhas yang mengkilat, warna yang rata, walaupun pada dinding mutiara ada spot (titik), tetap warnanya menyatu sampai ke bagain dalam mutiaranya, sedangkan yang Cutting Lokal, permukaan mutiaranya dengan polesan warnanya tidak rata, dan terlihat seperti bekas penyemprotan/pewarnaannya dan warnanya tersebut tidak akan tahan lama (akan cepat luntur).

Mutiara Air Laut Warna Hijau Merupakan Hasil Dari Treatment Manusia

Mutiara Air Laut Warna Hijau Merupakan Hasil Dari Treatment Manusia 

Mutiara Air Laut Warna Hijau Merupakan Hasil Dari Treatment Manusia

Mutiara Air Laut Warna Hijau Merupakan Hasil Dari Treatment Manusia 

Warna Mutiara Laut Cokelat Adalah hasil dari proses “Cutting”

Warna Mutiara Laut Cokelat Adalah hasil dari proses “Cutting”

Warna Mutiara Laut Cokelat Adalah hasil dari proses “Cutting”

Warna Mutiara Laut Cokelat Adalah hasil dari proses “Cutting"

          Demikianlah pemaparan singkat mengenai warna-warna asli dan yang non asli pada mutiara laut jenis South Sea Pearl. Warna asli ada 3 macam yaitu Gold, Putih dan Silver sedangkan warna yang ada treatment manusia adalah warna hijau dan cokelat, warna-warna itulah yang biasa dipasang / diikat pada perhiasan-perhiasan Mutiara Lombok.


         Selain jenis South Sea Pearl, ada juga jenis mutiara laut lainnya yang asalnya dari Luar Indonesia, Warna mutiaranya yang khas yaitu warna hitam, yang berasal dari Kepulauan Tahiti (Benua Amerika), warna mutiara hitam ini dikenal dengan sebutan “Black Tahitian Pearl”, mutiara yang daerah / Negara lain, termasuk Indonesia tidak bsa menghasilkan mutiara jenis ini. Baiklah dibawah ini akan saya paparkan secara singkat tentang “The Black Tahitian Pearl”.

II. Warna Asli Pada Mutiara Laut Jenis Tahiti Pearl

The Black Tahitian Pearl,  Warna Hitam Yang Khas

The Black Tahitian Pearl,  Warna Hitam Yang Khas  

The Black Tahitian Pearl,  Warna Hitam Yang Khas

Butiran Black Tahiti Ketika diuntai menjadi 1 untai kalung yang indah

The Black Tahitian Pearl,  Warna Hitam Yang Khas

Diameter rata-rata per butir untuk tahitian pearl kalung ini nerkisar 1,1 cm s/d 1,4 cm

          Mutiara laut jenis Tahiti ini hanya ada 1 warna saja, dan penghasil mutaira satu-satunya di Dunia, yaitu berada di Perairan Kepulaan Tahiti. Mutiara jenis warna hitam ini sangat di gemari oleh para pecinta/hobbys dan kolektor mutiara, karena karakteristik warna hitam pekatnya adalah natural (Dihasilkan oleh proses alami).   Mutiara laut hitam Tahiti ini dihasilkan oleh kerang mutiara yang berbeda speciesnya dengan kerang penghasil mutiara Lombok. Jika kerang mutiara yang habitat aslinya di perairan laut Lombok adalah nama kerangnya “Pinctada maxima”, sedangkan mutiara hitam Tahiti ini dihasilkan oleh kerang jenis “P. Penguin.

       Demikianlah pemaparan singkat mengenai warna-warna mutiara yang sering digunakan untuk Perhiasan Mutiara. Semoga menjadi bahan informasi yang bermanfaat bagi kita semua. Kritik, saran dan masukan kami tunggu.

Mataram – Lombok, 29 November 2014
Penulis, 

Owner OriginalMutiara


ARIEF RAHMAN HAKIM, S.ST.PI

.



Baca juga
  »
16 Mei 2017
Mutiara Lombok, Lombok Pearl, Mutiara Laut Lombok Yang Terkenal
Mutiara Lombok, Mutiara Laut Lombok Yang Terkenal, Mengetahui Ciri Mutiara Lombok

  »
29 Maret 2017
Expo Dan Pameran Perhiasan Mutiara Lombok
Pada kegiatan ini Owner Original Mutiara yaitu Arief Rahman Hakim, S.St.Pi selaku pendiri dan yang bergerak di bidang usaha Perhiasan Mutiara Lombok yang mana pada tahun ini berhasil menjadi Finalis Wirausaha Muda Mandiri (WMM) untuk wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), berkesempatan mengikuti Wirausaha Mandiri Expo yang merupakan rangkaian dari Program Penghargaan WMM tahun 2016, menghadirkan profil usaha serta aneka produk dan jasa yang ditawarkan oleh para Finalis WMM 2016 juga para alumni program WMM dari tahun 2007 - 2015.

  »
26 Maret 2017
Original Mutiara Finalis Wilayah Wirausaha Muda Mandiri
PT. Bank Mandiri (Persero) Regional XI Bali-Nusra menggelar penjurian wilayah Wirausaha Muda Mandiri 2016, ajang bergengsi tahunan ini digelar untuk mencari dan menjaring bibit wirausahawan muda, mereka dengan kriteria sebagai mahasiswa, sarjana dan pascasarjana yang berani merintis usaha (start up) menjadi Pengusaha, kegiatan penjurian ini dilakukan pada hari Senin, 27 Februari 2017 di Gedung Bank Mandiri Area Mataram, Nusa Tenggara Barat. Adapun nama-nama finalis 13 orang mewakili wilayah Bali-Nusra adalah Arief Rahman Hakim (Original Mutiara), Rio Christian (BPR Kas Ind),

  »
24 Oktober 2016
Sertifikat Perhiasan Emas Dan Keaslian Mutiara
Sertifikat Keaslian Mutiara, Jaminan Konsumen : Kami selaku penjual menjamin kepuasan lengkap pada semua produk kami. Jika Konsumen tidak puas dengan alasan apapun, silahkan kembalikan (Return), dan kami akan mengembalikan uang anda (Refund). Kejujuran, Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen adalah 3 hal kunci dalam pengembangan usaha kami.

  »
14 Oktober 2016
Testimoni Costumer Original Mutiara Part 5
Sekilas Testimoni Dan Komentar Dari Costumer Konsumen Original Mutiara Yang Telah Melakukan Order di Toko Online Kami | Testimoni Costumer Original Mutiara Part 5

  »
14 Oktober 2016
Testimoni Pelanggan Original Mutiara Part 4
Bagaimana kah komentar mereka para pelanggan konsumen tentang produk perhiasan mutiara emas, mutiara laut, mutiara air tawar yang telah di order di Toko Kami | Testimoni Pelanggan Original Mutiara Part 4

  »
14 Oktober 2016
Testimoni Konsumen Original Mutiara Part 3
Komentar Konsumen Original Mutiara yang telah melakukan Order di Toko Online Kami | Testimoni Konsumen Original Mutiara Part 3

  »
14 Oktober 2016
Testimoni Konsumen Original Mutiara Part 2
Sekilas Testimoni Dari Para Konsumen dan Para Pelanggan Original Mutiara, Bagaimana komentar mereka tentang produk yang telah di Order di Toko Kami | Testimoni Konsumen Original Mutiara Part 2

  »
13 Oktober 2016
Apresiasi Pelanggan Setia Original Mutiara Member JNE Dengan Jumlah Transaksi Terbanyak
Dalam rangkaian acara JLC Member Gathering - Mataram 2016 ini, di pilih & di umumkan member yang mendapatkan predikat jumlah pengiriman tertinggi (terbanyak), Alhamdulillah pada kesempatan kali ini Toko Online kami, OriginalMutiara.Com mendapatkan apresiasi sebagai member dengan kiriman tertinggi (terbanyak).

  »
12 Oktober 2016
Testimoni Konsumen Original Mutiara Part 1
Testimoni, Kesan & Komentar dari Mereka para konsumen dan pelanggan Original Mutiara yang telah melakukan order. Bagaimana kesan dan pengalamannya belanja Online di Toko Online Kami.