CARA MEMBEDAKAN PERHIASAN GADING GAJAH YANG ASLI DAN PALSU

17 April 2015

 

TIPS DAN CARA MEMBEDAKAN GADING GAJAH ASLI DAN PALSU

 

Pada saat ini permintaan perhiasan kerajinan ukir berbahan gading gajah asli semakin bertambah jumlah peminatnya. Seiring dengan jumlah peminat (konsumen) yang terus bertambah maka demand / permintaan terhadap gading gajah tersebut semakin meningkat pula. Yang perlu kita telaah lebih mendalam adalah bahwa gading gajah yang asli adalah termasuk barang / benda yang termasuk dilindungi / dijaga kelesatariannya oleh Pemerintah, karena gading gajah tersebut berasal dari Hewan Gajah, sedangkan hewan mamalia tersebut adalah hewan yang hampir punah dan tingkat produktivitasnya sangat kecil.

            Hal tersebut menjadi suatu kondisi yang dilematis , disii lain tingkat permintaan gading meningkat dan di sisi lain ketersediaan barang bersifat terbatas (Limited) , termasuk barang / benda yang tidak bisa diperbarui / diproduksi yang sekehendak manusia .

            Maka dari uraian diatas, perlu kita fokuskan dalam pemasaran dan penjualan perhiasan gading harus lebih hati hati dan selektif betul, karena banyak sekali kasus terjadi pemalsuan produk oleh oknum oknum penjual perhiasan gading, Oknum penjual tersebut memanfaat situasi dan kondisi, yaitu dengan besarnya permintaan perhiasan gading yang terus meningkat setiap tahunnya, akan tetapi jumlah stok tersebut setiap waktunya berkurang terus (jikapun bertambah itu sedikit, karena produktivitas hewan gading sangat kecil).

            Beberapa motif pemalsuan gading gajah dilakukan dengan beberapa modus dan cara, beberapa cara yang umum adalah si Penjual tersebut memberikan keterangan barang yang palsu tersebut sebagai Gading gajah asli, dengan harga jual  dibawah  standarnya, akan tetapi barang tersebut bukan gading gajah asli melainkan Tulang hewan lain, seperti tulang Kambing, Rusa, Sapi, Dan hewan lainnya yang dianggap memiliki banyak kesamaan dengan struktur fisikli gading asli. Malah yang lebih parah lagi si Oknum penjual tersebut memalsukan dan memberikan keterangan fiktip kepada konsumen , akan tetapi barang yang sebenarnya dia jual bukan gading asli, tetapi suatu benda yang terbuat dari bahan kaca, keramik, sintetis atau lainnya yang dibuat sedemikian rupa agar mirip dengan barang aslinya.

            Sungguh ironis jika pemalsuan dan praktek memberikan keterangan palsu seperti ini terus menerus terjadi, karena salah satu faktor-nya kurangnya informasi dan pengetahuan si Pembeli calon Costumer tentang ciri-ciri gading yang asli maupun yang palsu .

            Atas dasar itulah saya, ARIEF RH (Owner OrignalMutiara) merasa terpanggil untuk menyumbangkan pengalaman, pikiran dan pengetahuan selama ini yang mana saya selaku Pelaku Usaha perhiasan gading untuk memberikan informasi tentang “ Tips dan Cara Membedakan Gading Gajah Yang Asli Maupun Yang Palsu” .

.

Sertifikat Perhiasan Gading Gajah

Contoh Sertifikat Perhiasan Gading Gajah

.

            Berikut dibawah ini pemapran singkat tentang ciri ciri dan perbedaan gading gajah asli dan palsu

  1. Cara pertama untuk menegetahui Gading asli yaitu dengan cara menggesek-gesekan (menggosokan) secara bolak balik selama -+ 3 menit pada permukaan kulit kita, setelah itu ,cium dan hirup gading yang digesekan tadi. Jika aroma / bau / harum yang anda hirup dengan hidung anda tercium seperti bau tanduk hewan yang dibakar, maka indikator pasti gading tersebut adalah asli. Gading yang asli memiliki ciri khas bau aroma tanduk hewan ketika sedang dibakar . sedangkan gading gajah palsu tidak memiliki aroma khas tersebut, karena bahan yang terkandung didalamnya bukan dari bahan “hewani”, biasanya dari bahan plastik/keramik gading palsu dibuat.

                 Gambar 1.A (Proses Penggosokan Objek Gading pada permukaan kulit) :

                 Gambar 1.b (Proses Penggosokan Objek Gading pada permukaan kulit) :

 

Jika anda masih ragu dengan cara pengetesan tahap pertama, maka perlu dicoba dengan cara kedua seperti di bawah ini :

 

  1. Cara kedua adalah dengan menggunakan metoda pengamatan fisikis visual pada Gading Tersebut, Jika anda mencoba cara ini anda harus menggunakan alat bantu yaitu Kaca atau Lensa Pembesar (Mirror Zoom) . Amati dinding permukaan gading yang ingin anda cek tersebut dengan kaca pembesar tersebut, upayakan jarak antara dinding gading dengan kaca pembesar sedekat mungkin sampai objek / bidang yang kira viewr  zomm tersebut terlihat jelas, fokus dan kita bisa melihatnya degan kondisi objek yang tajam (tidak blur).

 

Setelah anda mendapatkan objek gambar yang fokus maka kita akan mulai menganalisis ciri ciri perdaan antara yang asli dan palsu , berikut dibawah ini ciri khas gading asli jika dianalisis secara visual pada kondisi tekstur permukaan terluar gadingnya :

 

'

'

Gading asli memiliki ciri tekstur urat/serat bergelombang tidak teratur, bisa terlihat seperti macam garis-garis kecil abstrak, ber-serat yang tidak terstruktur, yang seperti garisan bercabang tak beraturan. Kondisi fisikis tersebut adalah suatu indikasi yang menggambarkan suatu pertumbuhan urat gading per siklus tumbuhnya, seperti yang kita ketahui bahwa gading gajah dipengaruhi oleh faktor umur hewan gajahnya itu sendiri, ada fase dimana fase tumbuh, stagnant dan berkembang cepat, hal seperti itu dinamakan proses biologis mahluk hidup (metamorfosa) .

 

Cara ketiga adalah degan cara pengujian menggunakan objek pembantu yaitu “beberapa helai rambut manusia”, adapun langkah prosedurnya adalah sebagau berikut :

 

  1. Letakkan dan taruh 1-3 helai rambut pada permukaan gading yang ingin anda cek
  2. Bakar kedua objek tersbeut (helai rambut & gading) secara bersamaan dengan menggunakan korek gas rokok biasa, bakar sampai kisaran beberapa menit, sampai terlihat objek tersebut panas.
  3. Setelah beberapa menit proses pembakaran, maka hasil dari pembakaran tersebut bisa kita analisis pada objek helai rambut yang telah kita bakar, berikut dibawah ini ciri ciri gading gajah yang asli jika dilakukan treatment pembakaran :

-          Jika helai rambut diletakan pada gading gajah asli tersebut tidak putus/tidak meleleh/tidak rusak, maka indikator pertama bahwa gading tersebut adalah asli , karena pada biasanya yang seperti para teknisi pengrajin gading melakukan beberapa percobaan pengetesan, helai rambut akan terbakar/akan meleleh jika dibakar bersamaan dengan gading yang palsu

           Gambar 3.A (Proses Pengujian Dengan cara pembakaran objek gading & helai rambut )

 

                                                                                                                                               .

Cara pengeekan ke-3 barusan yang sudah saya paparkan dibutuhkuan suatu keahlian khusus, maka jika anda mencoba pengetesan tersebut, bijaknya anda bisa meminta panduan agar tidak terjadi salah kaprah atau salah persepsi .

 

Ke-3 cara pengujian tersebut dapat anda praktekan jika anda masih ragu dengan perhiasan gading yang anda miliki sekarang, pilihlah cara sederahana yamg menurut anda bisa dilakukan.

Dibawah ini akan dipaparkan pembahasan terkait dengan tema di atas, dideskripsikan ke dalam bentuk dialog dengan Costumer, dengan tujuan penjelasan lebih mudah di cerna dan dimengerti. Berikut dialog percakapannya :

 

Costumer : Mas apa betul kalau gading gajah yang asli itu jika jatuh secara sengaja, misalnya saya mau pakai gelang posisi badan lagi berdiri, lalu gelang gading saya jatuh ke lantai dan jatuhnya tersebut tidak disengaja, apa akan pecah/patah/rusah jika gading yang asli ??

 

Owner : Pada umumnya gading gajah asli jika kronologis kejadiannya dan tingkat benturannya yang seperti ibu paparkan , maka tidak akan pecah/tidak patah, karena gading asli terbentuk dengan kondisi komponen dalamnya terdiri dari beberapa komponen/mineral hewani, yang proses terbentuknya secara perlahan seiring dengan pertumbuhan hewan gadingnya, yang semakin lama prosesnya bermetamorfosa akan semakin keras dan kuat.

Namun perlu digarisbawahi juga tentang pecah atau tidaknya, suatu bentuk atau model perhiasan gadingnya tersebut mempengaruhi juga, karena yang seperti kita ketahui bersama, perhiasan dari ,bahan gading pada saat ini dibuat dengan beberapa variasi model, mengikuti perkembangan zamannya, contohnya dibuat dengan model yang Ekstrem, unik dan rumit yang proses ukirannya membutuhkan waktu yang lama, dan ketika hasil jadinya dapat menghasilkan suatu model yang jika dilihat dari visualisasi seni memang indah dan bagus, tapi jika dilihat dari segi teknis struktur kekokohan / kekuatan nya tersebut kurang kuat.

Maka walaupun gading tersebut asli, jika terbentur jatuh misalnya bisa jadi akan patah/pecah, karena struktur modelnya yang didesain tidak memprioritaskan kuat tidaknya si gading tersebut.

Kemudian selain faktor-faktor di atas, hal yang mempengaruhi / menyebabkan perhiasan gading asli dapat pecah/patah adalah tingkat kefatalan/tingkat parah tidak nya suatu benturannya tersebut, sebagai contoh, jika perhiasan gading tersebut dalam posisi terpakai, lalu kemudian orang yang memakainya tersebut mengalami kecelakaan lalu lintas atau terjatuh, maka bisa jadi perhiasan gading asli akan patah/rusak.

 

Costumer : Oh begitu tho maz, skrg saya sudah mengerti. Pertanyaan selanjutnya apakah warna asli (cirikhas) permukaan gading yang asli itu seperti apa ? apakah yang asli itu berwarna kekuningan (agak krem) sedangkan yang paslu itu bewarna putih ?? bisa dijelaskan mas …

 

Owner : Warna gading gajah yang asli itu bervariasi, bisa warna putih, krem, putih kekuningan, putih ke kreman, putih tua, krem tua, kuning muda dan warna lainnya yang mendekati dengan warna tersebut. Perihal variasi warna gading tersebut dipengaruhi oleh factor usia hewan gadingnya itu sendiri, jika umur hewan gadingnya tersebut tua maka cirikhas warna gadingnya adalah putih kekreman, krem, kuning muda, atau putih kecoklatan dan jika umur hewan gading tersebut masih muda , maka relative dan dominan warna gadingnya cenderung ke warna putih.

 

Costumer : Oh gitu tho maz, ohya menurut mas nya gading yang bagus/yang berkualitas itu warna apa ya ?? maksudnya warna putih yang hewan gajahnya masih muda atau warna pth kekuningan yang hewan gajahnya udah tuir ? dan dari segi harga apakah sama ?

 

Owner : Pada prinsipnya jika gading yang sudah dijadikan/dibuat suatu perhiasan, maka penilaian atau klasifikasi kualitas gading bukan dilihat dari warna gadingnya, akan tetapi dipengaruhi oleh beberapa factor seperti tingkat kerumitan model / motif ukuran pada gadingnya, ukuran/dimensi/berat/ketebalan gadingnya itu sendiri. Dan mengenai harga antara beberapa warna tersebut adalah sama.

 

Costumer : OK.. I see … oya dahulu saya pernah lihat teman pakai cincin gading model mawar, tapi warna bunga gading model mawarnya tersebut cenderung ke warna kecoklatan .. apa itu warna asli atau gadingnya dibakar mas ??

 

Owner : Menurut yang saya tahu, jika warna gading agak cenderung ke warna coklat, tapi warna coklatnya tidak begitu ekstreem .. itu biasanya bukan dari proses gadingnya yang dibakar, akan tetapi umur hewan gadingnya dahulu ketika diambil gadingnya oleh para teknisinya dalam umur yang sudah tua , dan juga factor usia pemakaiannya dapat mempengaruhi warna suatu gading asli.   Apalagi jika si pemakai perhiasan gadingnya tersebut rajin merawat nya yaitu dengan cara mengggosokan cairan pengkilap komersil seperti “BRASSO”, usapkan cairan tsb dengan memakai lap/kain lembut secarea rutin per-minggunya, maka tampilan gadingnya akan semakin menguning dan mengkilap.

 

Costumer : Oh begitu tho mas. Memang sih jika dilihat dari penampakan fisiknya, gading yang warna putih kekuningan. Atau kecoklatan lebih terlihat natural dan eksotis ya mas… ohya kan hewan gading termasuk hewan yang langka (hamper punah) lalu bahan baku perhiasan gading yang mas jual tersebut tidak bermasalah dengan hukum / legal ?

 

Owner : Good Question …. Perhiasan gading yang kami jual adalah LEGAL (tidak melawan hukum), karena bahan baku gading yang dipakai sudah ada surat / lisensi dari instansi/badan terkait dibidangnya. Dan perlu mbak ketahui juga bahwa hewan gajah yang boleh kita pakai gadingnya adalah hewan gajah yang sudah afkir (tua dan yang sudah produktif lagi).

 

Costumer : Oh okk mas bgitu ya. Oya satu lagi pertanyaanku, yaiut apakah hewan gadingnya itu berasal atau diukir di Lombok juga sama seperti Mutiara Laut yang mas jual ?

 

Owner : Gading yang kami jual bukan berasal dari Pulau Lombok, Karena di Lombok tidak ada kebun binatang atau penangkaran/peternakana gadingnya hehehe *maaf bercanda.   Ya bahan baku gading kami datangkan dari luar Pulau Lombok, beberapa daerah habitat hewan gadingnya seperti dari Pulau Sumatera, Kalimantan, dan daerah lainnya yang mempunyai kawasan lindung konservasi hewan gajah.

 

Costumer : Oh ok mas saya sudah mengerti sekarang tentang perhiasan gading, skrg saya mulai bisa menjelaskan kepada teman teman sy yang selama ini bertanya seputar perhiasan gading. Thanks ya mas atas informasinya.

 

Owner : Oke bu … sama sama dan semoga bermanfaat.. Dan sekedar menambahkan mengenai penjelasan penjelasan saya tadi itu merupakan pendapat/statement menurut pengalaman saya yang saya dapat dari dialog dengan para pelaku bahan baku gading gajah, literature dari internet serta praktek praktek langsung, maka benar atau tidaknya tentang argument saya tidak bisa dijadikan suatu dasar kebenaran yang hakiki. Yang benar itu datangnya dari Allah SWT dan yang salah itu datangnya dari saya sebagai manusia yang tidak luput dari kelalalain .

Costumer : oke mas , saya mengerti tentang itu ..

 

            Demikian lah pemaparan singkat mengenai tips tips dan cara membedakan gading gajah asli dan palsu, Semoga bermanfaat, Kritik & Saran selalu kami harapkan. Terima Kasih Atas attensi & perhatiannya.  

Untuk mengetahui contoh-contoh produk perhiasan gading gajah asli seperti di bawah ini klik link tautan berikut ini : Perhiasan Gading Gajah 

Produk Perhiasan Gading Asli

 

.

Mataram, Lombok 17 April 2015

SALAM,

 

 

Owner OriginalMutiara

ARIEF RAHMAN HAKIM.S.ST.PI

CP : 081236111104

.

.



Baca juga
  »
16 Mei 2017
Mutiara Lombok, Lombok Pearl, Mutiara Laut Lombok Yang Terkenal
Mutiara Lombok, Mutiara Laut Lombok Yang Terkenal, Mengetahui Ciri Mutiara Lombok

  »
29 Maret 2017
Expo Dan Pameran Perhiasan Mutiara Lombok
Pada kegiatan ini Owner Original Mutiara yaitu Arief Rahman Hakim, S.St.Pi selaku pendiri dan yang bergerak di bidang usaha Perhiasan Mutiara Lombok yang mana pada tahun ini berhasil menjadi Finalis Wirausaha Muda Mandiri (WMM) untuk wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), berkesempatan mengikuti Wirausaha Mandiri Expo yang merupakan rangkaian dari Program Penghargaan WMM tahun 2016, menghadirkan profil usaha serta aneka produk dan jasa yang ditawarkan oleh para Finalis WMM 2016 juga para alumni program WMM dari tahun 2007 - 2015.

  »
26 Maret 2017
Original Mutiara Finalis Wilayah Wirausaha Muda Mandiri
PT. Bank Mandiri (Persero) Regional XI Bali-Nusra menggelar penjurian wilayah Wirausaha Muda Mandiri 2016, ajang bergengsi tahunan ini digelar untuk mencari dan menjaring bibit wirausahawan muda, mereka dengan kriteria sebagai mahasiswa, sarjana dan pascasarjana yang berani merintis usaha (start up) menjadi Pengusaha, kegiatan penjurian ini dilakukan pada hari Senin, 27 Februari 2017 di Gedung Bank Mandiri Area Mataram, Nusa Tenggara Barat. Adapun nama-nama finalis 13 orang mewakili wilayah Bali-Nusra adalah Arief Rahman Hakim (Original Mutiara), Rio Christian (BPR Kas Ind),

  »
24 Oktober 2016
Sertifikat Perhiasan Emas Dan Keaslian Mutiara
Sertifikat Keaslian Mutiara, Jaminan Konsumen : Kami selaku penjual menjamin kepuasan lengkap pada semua produk kami. Jika Konsumen tidak puas dengan alasan apapun, silahkan kembalikan (Return), dan kami akan mengembalikan uang anda (Refund). Kejujuran, Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen adalah 3 hal kunci dalam pengembangan usaha kami.

  »
14 Oktober 2016
Testimoni Costumer Original Mutiara Part 5
Sekilas Testimoni Dan Komentar Dari Costumer Konsumen Original Mutiara Yang Telah Melakukan Order di Toko Online Kami | Testimoni Costumer Original Mutiara Part 5

  »
14 Oktober 2016
Testimoni Pelanggan Original Mutiara Part 4
Bagaimana kah komentar mereka para pelanggan konsumen tentang produk perhiasan mutiara emas, mutiara laut, mutiara air tawar yang telah di order di Toko Kami | Testimoni Pelanggan Original Mutiara Part 4

  »
14 Oktober 2016
Testimoni Konsumen Original Mutiara Part 3
Komentar Konsumen Original Mutiara yang telah melakukan Order di Toko Online Kami | Testimoni Konsumen Original Mutiara Part 3

  »
14 Oktober 2016
Testimoni Konsumen Original Mutiara Part 2
Sekilas Testimoni Dari Para Konsumen dan Para Pelanggan Original Mutiara, Bagaimana komentar mereka tentang produk yang telah di Order di Toko Kami | Testimoni Konsumen Original Mutiara Part 2

  »
13 Oktober 2016
Apresiasi Pelanggan Setia Original Mutiara Member JNE Dengan Jumlah Transaksi Terbanyak
Dalam rangkaian acara JLC Member Gathering - Mataram 2016 ini, di pilih & di umumkan member yang mendapatkan predikat jumlah pengiriman tertinggi (terbanyak), Alhamdulillah pada kesempatan kali ini Toko Online kami, OriginalMutiara.Com mendapatkan apresiasi sebagai member dengan kiriman tertinggi (terbanyak).

  »
12 Oktober 2016
Testimoni Konsumen Original Mutiara Part 1
Testimoni, Kesan & Komentar dari Mereka para konsumen dan pelanggan Original Mutiara yang telah melakukan order. Bagaimana kesan dan pengalamannya belanja Online di Toko Online Kami.